Rhymaspace
Hi, I'm Theresia Rima.
An Indonesian student, dancer, fangirl, and art lover. Feel free to contact me :)

Big claps and credits for the basecode beningsann, and the editor Ndot, the template is superblue. Enjoy! Don't forget to follow ^^
Tari Bajidor Kahot
Sabtu, 24 Oktober 2015 | 10/24/2015 | 0 Sista/Bro
Hai! Kali ini aku mau berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang menari~ Jadi pas hari Sabtu, 17 Oktober lalu, aku menari bersama Kak Ayu dan Kak Bintang untuk mengisi acara Reuni Mudika gerejaku di Paroki Santo Antonius Padua Bidaracina. Nah kami di sana menampilkan Tari Bajidor Kahot dari Sunda atau daerah Jawa Barat. Cekidot foto-fotonye~

Di panggung :)





Kumpulan selfie di toilet :p wkwk
Abis manggung nongkrong di McD :D


Nah itu die foto-fotonye. Nah sekarang ini dia penjelasan secara garis besar tentang Tari Bajidor Kahot~

Nama Bajidor Kahot mempunyai kemungkinan ada hubungannya dengan Kliningan-Bajidoran. Yaitu merupakan sebuah bentuk pertunjukan rakyat yang diduga mulai muncul sekitar tahun 1950-an. Pertunjukan kesenian ini merupakan ekspresid ari masyarakat Karawang dan Subang. Arena Banjidoran enjadi ajang pertemuan masyarakat, bertemuanya gaya kreasi, dan disadari atau tidak menjadi ajang persaingan status dan gengsi.

Sedangkan Tari Bajidor Kahot adalah salah satu Tari Kreasi Baru dari Jawa Barat. Tari ini diperkirakan tercipta pada kisaran tahun 2000, berangkat dari tarian rakyat yang bertemakan pergaulan yang lebih menceritakan keceriaan para Mojang, itulah mengapa tarian ini ditarikan oleh para penari remaja putri yang cantik jelita yang biasanya berjumlah empat hingga delapan orang. Busana yang digunakan adalah kebaya khas tanah pasundan berwarna cerah yang didesain pas dengan bentuk tubuh sehingga terlihat lebih menawan. Penambahan beberapa aksesoris seperti selendang dan kipas juga semakin mempercantik pertunjukan tari ini.

Dalam pertunjukannya, pada awalnya Tarian Bajidor Kahot dimainkan dengan durasi sekitar 13 menit namun karena menyesuaikan dengan kebutuhan panggung dan waktu pertunjukan, durasi tarian bisa menjadi lebih singkat. Seni Pertunjukan Tari ini biasanya diringi oleh gendang khas tanah pasundan. Selain itu iringan Gamelan Bali juga menambah kekayaan musik yang mengiringi tari ini.




Sumber:
http://zainbie.com/sekilas-tentang-tari-bajidor-kahot/
http://www.mangyono.com/2013/05/tari-bajidor-kahot.html
http://kridabudaya.com/gallery/bajidor-kahot-dance-copy/


Label: , , , ,