Rhymaspace
Hi, I'm Theresia Rima.
An Indonesian student, dancer, fangirl, and art lover. Feel free to contact me :)

Big claps and credits for the basecode beningsann, and the editor Ndot, the template is superblue. Enjoy! Don't forget to follow ^^
First Post! ~ Tips Mencari Uang Saku Tambahan Bagi Remaja
Senin, 12 Oktober 2015 | 10/12/2015 | 0 Sista/Bro

Banyak remaja yang kesulitan mencari biaya jika hanya mengandalkan uang saku dari orang tua saja. Ambil contoh misalnya Tata, seorang pelajar berumur 16 tahun kekurangan uang untuk membeli tiket konser Big Bang. Atau Vina yang baru lulus kuliah dan belum mempunyai pekerjaan tetap butuh uang untuk modal berjualan roti dan kue-kue kering.
Berikut ini cara-cara yang praktis dan yang sering digunakan untuk menambah isi dompet kamu.

Penerjemah
Fasih berbahasa asing? Kamu bisa mencoba menjadi penerjemah. Biasanya ada beberapa perusahaan atau penerbit yang membutuhkan penerjemah untuk menerjemahkan tulisan dari bahasa Inggris, Jepang, Arab atau Mandarin ke dalam bahasa Indonesia. Profesi ini bisa dilakukan di rumah tanpa harus pergi ke tempat kerja. Biasanya berbekal koneksi internet untuk mengirimkan hasil terjemahannya tersebut.

Tutor
Salah satu pekerjaan paruh waktu yang terbaik bagi pelajar dan mahasiswa adalah menjadi tutor atau guru privat. Jika kamu mempunyai kemampuan yang bisa digunakan , cobalah kamu menjadi guru privat, misalnya mengajar bermain piano atau gitar, yoga atau karate, les bahasa asing, matematika, komputer, atau apa saja yang kamu bisa.

Modeling
Kalau kamu mempunyai badan proporsional dan termasuk orang yang photogenic, kamu bisa mencoba profesi ini. Kamu tidak harus bisa berjalan di catwalk atau bisa make-up. Sekarang kamu bisa menjadi model hanya dengan modal kamera dan koneksi internet. Pakai produk yang kamu promosikan, foto, post di Instagram atau social media lainnya, dan kamu bisa dapat uang yang lumayan.

Fotografi
Jika kamu suka dengan fotografi, cobalah kamu cari informasi mengenai jual-beli stok foto di Internet. Pertama-tama kamu bisa menggali pasar segmen tertentu, misalnya fotografi hewan peliharaan, kemudian buat flyer dan sebarkan kepada komunitas terkait. Lalu kamu bisa mulai menjual foto-foto jepretan kamu ke situs fotografi.

Garage Sale dan Bisnis Kerajinan
Punya barang bekas tak terpakai? Atau senang menjahit, menggambar dan membuat keterampilan? Kamu bisa memulai dengan membuat garage sale atau bisnis kerajinan. Untuk membuat kerajinan, modalnya bebas. Jika kamu tidak mau mengeluarkan uang untuk modal kamu bisa mulai dengan mengolah barang-barang bekas. Pastikan hasil kerajinan kamu keatif dan bermanfaat. Lalu kamu bisa jual melalui teman-teman terdekat, broadcast message melalui BBM, Whatsapp, atau Line, membuat toko online di Facebook, blog, Instagram, situs jual-beli online, atau media lainnya yang mudah kamu akses dan tidak memerlukan biaya yang besar. Kamu juga bisa menjual barang-barang tersebut saat ada bazaar atau event di sekolah atau kampus.

Mobile Payment Service
Mobile Payment Service atau Personal Online Payment adalah bisnis online yang saat ini paling berpotensi untuk dijalankan oleh mahasiswa. Mobile Payment Service adalah jasa layanan untuk pembelian pulsa GSM, CDMA dan pulsa listrik prabayar serta jasa pembayaran seperti pembayaran listrik pasca bayar, telepon rumah, speedy, tv berlangganan, tiket pesawat dan masih banyak lagi. Mobile Payment Service ini tidak memerlukan tempat khusus, karena bersifat mobile. Aplikasi cukup dipasang di smartphone dan mahasiswa dapat melayani berbagai macam transaksi elektronik.

Desain Grafis
Punya kemampuan di desain grafis, design web, atau photoshop? Dengan mempunyai keterampilan ini, kamu bisa merancang desain banner atau logo iklan, kartu nama, atau berbagai produk berbasis digital lainnya untuk berbagai acara, seperti kelahiran, ulang tahun dan lainnya. Kamu bisa mulai dengan promosi melalui forum dengan cara tak langsung, misalnya, ganti signature profil kamu dengan link website perusahaan desain grafis yang kamu dirikan. Lalu lakukan barter dengan website di bidang advertising. Atau cara paling mudah adalah dengan promosi melalui teman-teman terdekat, misalnya broadcast message melalui social media.

Freelancing
Suka menulis atau membuat karya seni dengan bantuan komputer dapat menghasilkan uang dengan menjadi penulis lepas di media, blog, atau website. Dengan menjadi penulis lepas atau membuat karya seni, kamu dapat mengatur jam kamu sendiri dan ada banyak majalah dan website yang membayar untuk artikel mengisi rubriknya. Bahkan mungkin kamu akan mendapatkan tulisan kamu terpampang di media secara lokal atau nasional yang bisa menghasilkan pekerjaan tetap bagi kamu di masa depan.

Pekerja Seni
Menjadi pekerja seni seperti penyanyi, DJ (disk jockey) atau pemain musik di restoran, cafe atau tempat nongkrong lainnya bisa menghasilkan uang tambahan. Tentunya kegiatan ini bisa dilakukan di luar jam sekolah atau kuliah. Asalkan kamu bisa mengatur waktu dan jangan sampai terbawa ke dalam arus pergaulan bebas dan narkoba.

Google Adsense
Google Adsense adalah fitur untuk menjalin kerjasama dengan masyarakat pengguna jasanya dalam bidang marketing secara online. Cara kerjanya sangat sederhana, yaitu hanya membantu menyebarkan informasi iklan yang sudah terdaftar di Google. Google akan membayar kita dengan dollar apabila iklan yang kita pasang di web kita diklik orang lain. Tetapi untuk memulai dan mendapatkan akun di Google Adsense termasuk susah-susah gampang. Kita harus mengisi formulir, mempunyai akun di "bank virtual' seperti Paypal, melampirkan proposal berupa alamat blog kita yang akan dipelajari oleh Tim Google Adsense terlebih dahulu. Apabila disetujui, kamu akan diberikan berbagai macam layout iklan yang bisa kita tampilkan di web kita. Tetapi jangan coba-coba meng-klik sendiri iklan yang kita pasang, karena Tim Google Adsense tidak akan membayar bahkan memblack list nama kita bahkan IP Address kita apabila kita melakukan kecurangan. Kuncinya adalah online-marketing yang baik dan perbanyak blogwalking agar page rank meningkat, selain itu pula sangat disarankan untuk membuat artikel dan isi web yang original.


Label: , , ,